gambar sugar glider

Cara Merawat Sugar Glider – Pada umumnya setiap hewan peliharaan jikalau terawat dengan baik tentu akan mampu beradaptasi. Akan tetapi jika tidak terawat umumnya akan berujung pada kematian hewan peliharaan tersebut. Berikut ini cara merawat sugar glider yang mencakup berbagai hal seperti sarana kandang, makanan dan lainnya.

Sugar Glider merupakan jenis hewan dengan ciri khas omnivora, arboreal, serta nokturnal. Hewan ini tergolong dalam kelas Marsupialia yang cenderung mirip dengan tupai terbang. Meskipun demikian hewan ini seringkali dijadikan peliharaan oleh manusia.

Cara Merawat Sugar Glider yang Benar

merawat sugar glider
animals-wd.com

Persiapan Kandang

Hal yang harus pertama kali Anda pikirkan adalah kandang sugar glider. Anda perlu memastikan kandang yang luas dan cukup untuk bergerak. Selain itu Anda juga sebaiknya menyediakan tempat air minum yang bersih.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan dot hamster yang bertujuan untuk menjaga kebersihan kandang. Anda dapat mengenalkan dot sebagai air minum dengan menempelkan atau menyodorkan dot kepada sugar glider.

Posisi kandang yang baik sebaiknya juga terhindar dari hewan predator seperti anjing ataupun kucing. Selain itu kandang ini sebaiknya juga tidak terkena sinar matahari langsung. Anda dapat meletakkan kandang di tempat-tempat yang sering Anda lalui untuk mempercepat proses penjinakkan hewan ini.

Asupan Makanan

Hal yang kedua yang tak kalah penting adalah asupan makanan yang baik. Pada umumnya Sugar Glider pada lingkungan asal memakan beragam jenis makanan seperti getah pohon, nectar, buah-buahan, jangkrik, ulat. Akan tetapi tentu Anda tidak bisa memberikan makanan tersebut kepada hewan peliharaan Anda.

Anda dapat memberikan sugar glider makanan seperti bubur bayi, madu, yoghurt dan lainnya. Selain itu Anda juga bisa memberikan buah-buahan seperti apel, ubi, pisang, wortel dan buah lainnya. Pada umumnya Sugar Glider membutuhkan asupan yang kaya akan protein, kalsium, selain itu rendah lemak.

Perawatan Kuku Sugar Glider

foto sugar glider
WorldAtlas.com

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu melakukan perawatan rutin terhadap kuku Sugar Glider agar tidak terlalu panjang yang kelak akan menyakiti kulit manusia. Selain itu pastikan Anda memotong kuku Sugar Glider dengan benar agar tidak menyakiti dirinya sendiri.

Pastikan Anda memotong hanya ujung kukunya saja dan tidak terlalu dalam yang bisa mengakibatkan terjadinya pendarahan dan luka pada Sugar Glider. Jika memang terlanjur berdarah, lakukan perawatan intensif agar tidak terjadi infeksi yang menimpa Sugar Glider.

Kebersihan Tubuh

Cara merawat sugar glider selanjutnya adalah Anda perlu menjadwalkan agenda memandikan Sugar Glider. Hal ini untuk mencegah aroma yang kurang sedap akibat terkena urin ataupun kotorannya sendiri. Lalu bagaimanakah cara memandikan hewan ini?

Anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti tisu basah yang bebas alkohol, handuk halus (bisa juga menggunakan tisu biasa), sampo khusus Sugar Glider. Pertama keluarkan Sugar Glider dari kandangnya secara perlahan, lalu bersihkan kandang dengan membilas air setiap sudut. Kedua, letakkan Sugar Glider pada tempat yang aman dari binatang buas seperti kucing dan anjing. Ketiga, siapkan sampo khusus lalu usapkan sampo tersebut ke tubuh sugar glider.

Akan tetapi jika tidak ada noda membandel ataupun bau yang menyengat, Anda dapat memandikan dengan membersihkan melalui tisu basah yang non alkohol. Selain itu setelah selesai, jangan sekali kali membilas Sugar Glider dengan air bersih karena hewan ini akan cukup tersiksa.

Pastikan Anda telah membaca cara merawat Sugar Glider sebelum akhirnya memutuskan untuk memelihara hewan ini di dalam rumah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *