Sesuaikan Posisi dan Ukuran Skylight agar Desain Dapur Cantik

Desain Dapur Cantik (Skylight Kitchen Design) – Dalam dunia desain interior, selalu saja ada hal yang menarik. Anda tentu pernah mendengar istilah skylight. Ya, skylight merupakan kaca yang ditempatkan pada bagian atap sebuah bangunan, sehingga membuat cahaya secara alami masuk ke dalam rumah Anda. Terlebih lagi, jika penempatan skylight di area dapur akan membuat desain dapur cantik.

Penggunaan skylight di area dapur juga sangat disarankan, apalagi bagi Anda yang hobi memasak dan menghabiskan sebagian besar waktunya di area dapur. Keberadaan skylight, khususnya di ruang dapur, juga sebagai salah satu upaya untuk penghematan energi.

Anda hanya perlu menyesuaikan material, ukuran, dan bentuknya agar sesuai dengan proporsi ruangan dapur Anda. Tak hanya itu, masih banyak keuntungan penerapan skylight pada dapur rumah.

Keuntungan Penggunaan Skylight pada Desain Dapur Cantik

Keuntungan Penggunaan Skylight pada Desain Dapur Cantik

Terdapat beberapa keuntungan jika Anda memilih memadu-padankan atap dapur di rumah Anda dengan menggunakan skylight. Selain menjadikan desain dapur yang cantik, keuntungan lainnya dari penggunaan skylight pada dapur, di antaranya:

  • Sudah pasti akan membuat pencahayaan alami pada dapur Anda. Tentu saja hal ini sangat berguna untuk memperhatikan setiap detail aktivitas Anda di dapur, seperti saat sedang memotong, mencuci buah dan makanan, dan memasak.
  • Dapat melihat keindahan langit malam yang indah dari dapur, masak menjadi lebih bersemangat.
  • Bagi dapur minimalis, akan membuat dapur tampak lebih luas.
  • Pengaplikasian skylight yang bisa dibuka tutup, sangat cocok bagi Anda yang hobi memasak. Hal ini guna membuang asap dan bau tak sedap dari dapur ke luar rumah dan digantikan dengan udara segar dari luar rumah.
  • Membuat ruangan dapur menjadi lebih hidup.

Tentukan Material Skylight yang Tepat Membuat Desain Dapur Cantik

Tentukan Material Skylight yang Tepat Membuat Desain Dapur Cantik

Sebelum melakukan instalasi skylight sebagai paduan atap rumah Anda, ada baiknya jika Anda juga mengetahui persis material apa saja yang baik digunakan untuk membuat skylight di dapur rumah Anda. Material dasar yang bisa dipilih, yaitu kaca, fiber, plastik, atau polycarbonate.

Namun, satu hal yang penting diperhatikan, material yang dipilih harus berbahan ringan dan sangat kuat. Dari keempat bahan tersebut, penggunaan kaca tempered atau laminated sangat disarankan. Mengapa? Sebab kedua jenis ini memiliki bahan yang sangat kuat dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Tak hanya memperhatikan material skylight untuk desain dapur yang cantik Anda, melainkan juga komponen-komponen saat pemasangan skylight harus diperhatikan. Pastikan Anda menggunakan tenaga profesional untuk pemasangan skylight. Sebab, jika tidak, kesalahan kecil saja bisa fatal resikonya untuk keselamatan keluarga Anda.

Sesuaikan Posisi dan Ukuran Skylight agar Desain Dapur Cantik

Sesuaikan Posisi dan Ukuran Skylight agar Desain Dapur Cantik

Posisi skylight juga menjadi hal yang penting untuk kenyamanan Anda. Perbedaan posisi tentunya akan memberikan efek pencahayaan yang berbeda pula. Sebaiknya, skylight dihadapkan ke arah utara agar ruangan dapur mendapat pencahayaan yang konstan, terasa lebih sejuk, dan desain dapur yang cantik.

Jika skylight dihadapkan ke arah timur, maka pencahayaan akan sangat maksimal pada pagi hari. Sementara jika dihadapkan ke arah barat, pencahayaan akan maksimal di sore hari dan cukup mengganggu. Ruangan dapur akan menjadi terasa panas menyengat.

Begitu pula dengan pengaplikasian skylight yang menghadap ke selatan. Hal ini tentu sangat tidak baik untuk beberapa bahan makanan yang tidak bisa terkena sinar matahari.

Skylight pada dapur sejatinya akan menjadikan desain dapur cantik dan aman, apabila penempatannya betul-betul memperhatikan beberapa hal tersebut di atas. Selain posisi, hal penting lainnya adalah ukuran skylight.

Ukuran skylight tidak boleh lebih dari 5% area lantai dapur yang memiliki banyak jendela, sedangkan yang memiliki sedikit jendela tidak boleh lebih dari 15% area lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *