landak mini lucu

Cara Merawat Landak Mini – Landak mini merupakan hewan peliharaan dengan ciri tubuh kecil yang terlihat lucu dan menggemaskan. Hewan ini sangat populer di kalangan remaja dan anak-anak muda lainnya. Saat ini hewan landak mini sudah banyak diperjual belikan sebagai hewan peliharaan yang diminati. Lalu apakah cara merawat landak mini sangat mudah dilakukan?

Landak mini berukuran sangat kecil untuk kategori hewan peliharaan, akan tetapi karena keunikannya tidak sedikit orang yang memelihara. Adapun habitat asli dari landak mini hidup di alam liar yang tentu memerlukan proses domestikisasi untuk menjadikannya hewan peliharaan. Jika dalam memelihara landak mini dirawat dengan baik maka usianya akan bisa lebih panjang sekitar 4 tahun. Sumber dari: How long do hedgehog live.

Cara Merawat Landak Mini

gambar landak mini
Pinterest.com

Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara hewan ini pastikan Anda perlu menyiapkan beberapa hal agar landak mini Anda betah dirumah. Adapun perlengkapan yang perlu Anda siapkan antara lain:

Pertama, Kandang. Anda dapat membeli kandang di toko hewan terdekat yang mana Anda sebaiknya memilih kandang yang terbuat dari bahan logam. Adapun ukuran kandang dapat menyesuaikan dengan hewan peliharaan Anda. Akan tetapi sebaiknya Anda membeli kandang yang luas agar landak mini dapat bergerak seluwes mungkin.

Kedua, Alas dan Tempat Tidur. Landak mini merupakan hewan yang sangat menyukai lingkungan yang hangat. Pastikan Anda membeli serbuk kayu sebagai alas dan tempat tidurnya. Anda dapat memasang gua buatan sebagai tempat berlindung ketika siang hari.

Ketiga, Vitamin Hewan. Anda dapat membeli vitamin hewan untuk landak mini agar senantiasa sehat. Adapun harga vitamin hewan yang dibutuhkan cukup murah yakni Rp 6.000,00 yang berbentuk cair.

Keempat, Tempat Minum dan Tempat Makan. Anda perlu menyediakan tempat minum dan tempat makan agar tidak tercecer dan membasahi alas kandang. Hal ini jikalau tercecer, maka air yang membasahi akan mengakibatkan serbuk kayu basah dan lembab sehingga tidak disukai oleh landak mini.

Kelima, Makanan Landak Mini. Landak mini termasuk hewan peliharaan yang membutuhkan makanan berupa serangga. Anda dapat memberikan makanan serangga yang bisa dikombinasikan dengan ulat. Atau jika tidak Anda dapat memberikan makanan kering yang biasa dimakan oleh hamster atau makanan kering untuk kucing.

Panduan Cara Merawat Landak Mini

gambar landak mini
beautynesia.id

Berikut ini panduan cara merawat landak mini setelah Anda membeli perlengkapan untuk memelihara hewan ini.

Pertama, Rutin Mencuci Kandang.

Landak mini termasuk ke dalam kategori hewan yang menyukai kebersihan oleh karena itu sebaiknya Anda rutin mencuci kandang yang bertujuan menghilangkan bau, air kencing, kotoran dan lainnya. Anda dapat membersihkan kandang minimal satu kali dalam satu minggu. Selain itu pastikan Anda juga mencuci wadah dan aksesoris di dalam kandang.

Kedua, Penempatan Kandang

Anda dapat meletakkan kandang yang mana terhindar dari keramaian ataupun terpapar dari sinar matahari langsung. Landak Mini dapat mudah stress bilamana kandang dekat dengan sumber keramaian. Anda dapat meletakkan kandang di sudut-sudut kamar ataupun diatas meja.

Ketiga, Memandikan Landak Mini

Anda dapat memasukkan landak mini ke dalam baskom air. Lalu bilas dengan sabun ataupun sampo ke seluruh tubuh landak mini. Kemudian Anda juga bisa menyikat perlahan, terakhir Anda dapat membilas bersih dengan air. Pastikan Anda membersihkan bagian perut, sela sela tubuh dan kaki.

Keempat, Jauhkan dari Jangkauan

Selain itu pastikan Anda menjauhkan kandang landak mini dari jangkauan anak-anak terutama bayi yang masih berusia batita yang belum mampu berfikir. Selain itu juga jauhkan dari jangkauan hewan predator yang mampu memangsa landak ini seperti musang, kucing dan lainnya. Hedgehogs facts.

Cara merawat landak mini pada umumnya sangat mudah dan sederhana, apakah Anda semakin tertarik memelihara hewan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *