mesin sablon dtg terbaru

Mesin sablon – Mesin printer DTG merupakan sebuah alat atau mesin yang digunakan untuk mencetak sablon pada kaos secara langsung. Maka dari itu, mesin sablon tersebut disebut dengan sebutan Direct To Garment (DTG). Tentunya mesin printer DTG ini merupakan alat yang sangatlah peting untuk dijaga dan dirawat mengingat alat ini merupakan kunci dari kesuksesan sebuah usaha sablon.

Secara khusus, mesin printer DTG ini memerlukan perawatan yang khusus serta intensif pada beberapa bagian sama seperti mesin digital printer lainnya. Mengingat pentingnya mesin printer DTG ini dalam usaha sablon yang Anda punyai, tentunya Anda harus merawatnya dengan baik. Ada beberapa bagian yang harus Anda rajin bersihkan dan Anda rawat dengan rutin dengan tips tertentu.

Empat Bagian dari Mesin Sablon Printer DTG yang Harus Dibersihkan Secara Rutin

mesin sablon dtg terbaru dan terbaik
bengkelprint.com

1. Wiper Blade

Wiper Blade adalah bagian pertama dalam mesin printer DTG ini yang harus rutin untuk dibersihkan karena bagian tersebut mempunyai fungsi untuk menjaga permukaan print pada mesin tersebut agar selalu menghasilkan sablon yang bersih dan rapi.

2. Capping Station

Capping station ini mempunyai fungsi yang vital pula yakni sebagai head cleaning serta berfungsi untuk menjaga mesin printer DTG selalu kedap udara saat melakukan sablon. Pada saat Anda sering menggunakan mesin tersebut kan banyak sisa tinta yang sudah mengering dan harus segera dibersihkan karena bila tidak bersihkan akan menumpuk dan tidak dapat menjaga kekedapan udara dari printhead dengan baik.

3. Permukaan Bawah Printhead

Semakin sering mesin printer DTG digunakan untuk menyablon, akan membuat banyak sisa tinta terdapat pada permukaan bawah printhead. Terlebih lagi, sering tersangkutnya serat kain pada bagian tersebut yang akan menganggu jalannya proses sablon.

4. Encoder Strip

Bagian Encoder Strip ini berguna sebagai sensor dalam menentukan jalan bagi printhead. Bila bagian tersebut sangat kotor, akan mengakibatkan sensor pada prinnhead mesin printer DTG menjadi tidak akurat dan menyebbkan jalan dari printhead tidak sesuai dengan keinginan.

Tips Membersihkan Keempat Bagian dari Mesin Sablon Printer DTG

cara membersihkan mesin sablon dtg
hygmatic.com

Bagian mesin sablon priner DTG yakni bagian Wiper Blade ini, Anda harus mengeluarkan Wiper Blade dan membersihkannya dengan menggunakan cotton bat agar sisa tinta pada bagian tersebut hilang. Berishkan dua kali sehari atau seminggu sekali tergantung pada pemakian mesin.

Bagian Caping Station ini harus dibersihkan dua hari sekali terutama saat mesin printer DTG yang Anda gunakan untuk sablon tersebut digunakan delapan jam nonstop setiap harinya. Bila penggunaanya tidak terlalu sering, Anda hanya perlu membersihkannya seminggu sekali.

Bagian Permukaan printhead ini Anda harus sering membersihkannya setiap hari terutama bagian pinggirnya agar sablon Anda tetap berjalan dengan lancar dan baik serta tidak terhambat serabut kain ataupun tinta kering.
Bagian Encoder Strip ini bersihkanlah bagian tersebut seminggu sekali dengan memakai head cleaning yang diteteskan ke kain. Anda wajib bersihkanlah bagian tersebut seminggu sekali dengan memakai head cleaning yang diteteskan ke kain.

Demikianlah itu tadi merupakan empat bagian mesin sablon kaos printer DTG yang harus Anda bersihkan berserta tipsnya. Bila perlu Anda harus mengikuti kursus sablon agar Anda tak hanya bisa menyablon dengan baik tapi juga bisa merawat mesin printer DTG yang digunakan untuk menyablon tersebut dengan baik sehingga usaha sablon yang Anda dirikan menjadi lebih sukses lagi kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *