Langkah Langkah Penggorengan Kerak Telor

Pembuatan Kerak Telor – Indonesia memiliki beragam budaya, suku bahasa termasuk makanannya. Salah satu ragam budaya bangsa adalah kerak telor. Kerak telor merupakan salah satu makanan yang identik dengan Jakarta. Rasa yang nikmat dan gurih ini menjadikan kerak telor salah satu makanan yang ikonik di Jakarta.

Sejarah Kerak Telor

Sejarah Kerak Telor
Sejarah Kerak Telor

Kerak telor sendiri sudah ada sejak Zaman Belanda. Tapi tahukah teman-teman Bosmeal jika ternyata warga Betawi sendiri menemukan atau menciptakan kerak telur dengan tidak sengaja? Sungguh aneh bukan. Bagaimana sih mereka awalnya menciptakan makanan yang begitu ikonik di Jakarta itu?

Kerak telor sendiri tercipta karena ketidaksengajaan masyarakat betawi dalam membuat makanan. Masyarakat Betawi mencoba berbagai variasi makanan berbahan baku kelapa. Hal ini karena melimpahnya stok kelapa pada waktu itu. Dari berbagai percobaan itulah yang kemudian tercipta kerak telor yang terkenal hingga sekarang.

Cara Pembuatan Kerak Telor

Cara Pembuatan Kerak Telor
Cara Pembuatan Kerak Telor

Dalam membuat kerak telor bisa dibilang gampang-gampang susah juga ya. Tidak semua orang bisa membuat kerak telur dengan rasa yang istimewa. Walaupun dengan bahan dasar yang sederhana, yakni: telur ayam atau bebek, beras ketan, ebi kering asin dan berbagai macam rempah-rempah.

Kemudian bagaimana sih proses pembuatan kerak telor itu sendiri? Kerak telor terbuat dari bahan-bahan di atas. Proses memasaknya memang sebentar, hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk mendapatkan kerak telor yang hangat dan nikmat.

 Sebelum membuat kerak telor yang nikmat perlu dilihat juga pengolahan bahan-bahan mentah hingga menjadi setengah jadi. Persiapan untuk membuat kerak telor memerlukan waktu seharian, terutama untuk membuat beras ketan menjadi lunak dan empuk tanpa dimasak, yakni dengan direndam dalam air seharian. 

Pertama, beras ketan dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Setelah dicuci hingga bersih baru kemudian direndam dengan air seharian agar beras menjadi empuk dan nikmat. Kalau cuma dimasak sebentar saja maka beras ketan akan terasa tidak matang juga tidak bisa nikmat di lidah.

Nah, dalam membuat kerak telor sendiri sebenarnya cukup sederhana. Dengan berbahan dasar telur, lada, bawang goreng, merica, garam, ebi (udang kecil yang dikeringkan), kelapa gongseng yang diberi kunyit serta serundeng giling. setelah itu semua bahan tersebut dicampur menjadi satu bersama beras ketan yang sudah dimasak terlebih dahulu.

Langkah Menggoreng Kerak Telor

Langkah Langkah Penggorengan Kerak Telor
Langkah Langkah Penggorengan Kerak Telor
  1. pertama setelah beras ketan direndam tadi kemudian panaskan wajan yang akan digunakan untuk membuat kerak telor.
  2. Setelah wajan panas lalu masukkan beras ketan sambil ditekan-tekan merata pada wajan. Jangan lupa, beras ketan dibuat melingkar dan tipis saja ya. Setelah menempel tutuplah wajan tadi dan tunggu hingga ketannya matang
  3. Kemudian masukkan telur serta bumbu-bumbu tadi di atas ketan, tapi jangan sampai ketannya rusak. Setelah matang wajan di balik dihadapkan bara api sambil dikipasi agar api dapat maksimal.
  4. Perlu diperhatikan juga dalam membuat kerak telor ini adalah ketika memasak beras ketan tidak menggunakan minyak sayur. Kemudian dimasukkan bumbu-bumbu tersebut hingga matang. Baru kemudian setelah matang wajan dibalik dihadapkan bara api sambil dikipasi.

Bara api sendiri ditaruh dalam tungku yang bernama anglo. Bagi teman-teman yang belum tau anglo, anglo itu adalah sebuah tungku seperti kompor yang terbuat dari tanah liat, di atasnya diberi arang sehingga api panasnya langsung terkena wajan dan di bawahnya terdapat ruang untuk tempat sisa dari pembakaran arang tadi.

Setelah matang bisa diberi topping berupa serundeng untuk mendapatkan rasa yang nikmat dan mantap. Cukup mudah bukan cara pembuatan kerak telornya.

Jajanan Kerak Telor

Jajanan Kerak Telor Khas Betawi
Jajanan Kerak Telor Khas Betawi

Tapi jika teman-teman malas atau tidak sempat untuk membuat sendiri, teman-teman bisa membeli kerak telor di penjual kerak telor, cukup menunggu sebentar kerak telor siap disajikan.

Untuk mendapatkan kerak telor ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam ya, cukup kisaran antara Rp 15.000 sampai Rp 25.000 saja sudah mendapatkan makanan khas Jakarta yang begitu nikmat.

Walaupun bentuknya seperti makanan ringan tetapi jika sudah dimakan bisa termasuk dalam makanan berat, mengapa bisa demikian? Ini karena ketika makan kerak telor perut bisa terasa kenyang

Makanan ini juga termasuk makanan sehat lo ya, karena memasaknya yang tanpa minyak menghasilkan makanan yang non kolesterol, unik dan juga gurih. Nah, cocok banget ni buat teman-teman yang takut kolesterolnya naik lo ya.

Kerak telor sendiri di Jakarta sudah menjadi makanan yang langka. Tapi gak usah khawatir, teman-teman bisa mendapatkan berbagai rasa dan variasi kerak telor kok, cukup datangi saja event-event budaya atau ketika HUT Jakarta, pasti ada penjual kerak telor di sana.

Walaupun sekarang banyak sekali berbagai kuliner ketika acara pekan raya jakarta, tetapi kerak telor tetap memiliki tempat tersendiri dan masih menjadi makanan favorit bagi banyak warga Jakarta.

Nah itu tadi sekilas tentang kerak telor betawi, bagi yang bukan warga Jakarta jangan khawatir, karena sekarang kerak telor sudah menyebar di berbagai kota di Indonesia, jadi sekarang kerak telor dapat dinikmati di manapun tanpa harus menunggu untuk berkunjung ke Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *