Akan ada cukup tidur di kuburan, “atau dengan kata lain,” Akan ada banyak waktu untuk tidur begitu Anda mati. “Itu adalah kutipan terkenal, yang sering dikaitkan dengan Benjamin Franklin, antara lain.

Siapa pun yang mengatakannya, itu salah. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan dan umur panjang kita.

Tidur adalah waktu tubuh untuk memulihkan dirinya sendiri, memungkinkan untuk pertumbuhan dan perkembangan, dan diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh kita, di antara fungsi-fungsi penting lainnya.

Bahkan tanpa pemahaman mendalam tentang efek pada tubuh pada tingkat biologis.

Kebanyakan dari kita menyadari bahwa tidur adalah komponen penting yang diperlukan setiap makhluk hidup untuk bertahan hidup (dengan pengecualian beberapa spesies seperti hiu, yang tidak tidur sebagai manusia tetapi memiliki periode aktif dan tenang).

Apakah kita dapat berfungsi pada beberapa jam semalam atau berkomitmen untuk tidur nyenyak selama sembilan jam, kita membutuhkan tidur untuk lebih dari sekedar bertahan hidup — dan bukti ilmiah hari ini menunjukkan kepada kita bahwa kita semua perlu menjadikan tidur sebagai prioritas.

Seberapa Penting Tidur untuk Aktivitas Sehari-Hari?

https://hellosehat.com/

Penelitian dari Universitas Harvard menemukan bahwa kurang tidur yang berkualitas memengaruhi suasana hati, motivasi, penilaian, dan persepsi kita tentang berbagai peristiwa — yang mencakup ingatan kita.

Bahkan, ada bukti yang menghubungkan kebiasaan tidur yang buruk dengan peningkatan tingkat demensia. Kehilangan tidur juga berdampak langsung pada cara kita belajar dan menyimpan informasi.

Tidur secara langsung memengaruhi cara kita menerima informasi baru (akuisisi), cara kita mengurutkan dan menggabungkan informasi (konsolidasi), dan kemampuan kita untuk mengakses informasi ini secara sadar atau tidak sadar (recall).

Studi Harvard menunjukkan bahwa langkah-langkah ini “diperlukan untuk fungsi memori yang tepat,” dan “banyak peneliti berpikir bahwa karakteristik spesifik gelombang otak selama berbagai tahap tidur terkait dengan pembentukan jenis memori tertentu.”

Kapan Terakhir Kali Anda Tidur Nyenyak di Malam Hari?

https://cdn.idntimes.com/

Bagaimana perasaan Anda pada hari berikutnya? Apakah Anda lebih mudah marah? Apakah Anda merasa lamban atau sulit berkonsentrasi?

Mungkin Anda lupa detail tertentu atau bahkan sesuatu yang dikatakan seseorang kepada Anda sebelumnya pada hari itu.

Itu sebagian karena otak Anda tidak punya waktu yang diperlukan untuk membersihkan dan memulihkan sendiri, mengatur ulang memori Anda, dan mem-boot ulang semua fungsi penting tubuh Anda, termasuk sistem kekebalan tubuh dan metabolisme.

Bukan kebetulan bahwa Anda merasakan penurunan energi atau kadang-kadang terserang flu setelah tidur malam yang buruk.

Seperti baterai, tubuh Anda tidak memiliki kesempatan yang tepat untuk mengisi ulang sendiri.

Faktanya, John Hopkins Medicine mencatat bahwa Anda tiga kali lebih mungkin terserang flu tanpa istirahat yang cukup.

Mereka juga menyatakan bahwa Anda lebih cenderung mengidam makanan manis, asin, dan bertepung dan jika Anda secara teratur tidur lima jam semalam atau kurang, Anda memiliki risiko 50 persen lebih tinggi untuk obesitas. Dengan kurang tidur, risiko diabetes tipe-2 meningkat tiga kali lipat, dan risiko terkena penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi meningkat.

https://bogor.net/

Dalam sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan melalui Perpustakaan Obat-obatan Nasional Institut Kesehatan AS (NIH / NLM), mereka yang kurang tidur atau gangguan tidur juga memiliki peningkatan risiko untuk mengalami:

  • Depresi dan kecemasan
  • Hipertensi
  • Kanker
  • Gangguan metabolisme lainnya
  • Tidak adanya latihan kebiasaan secara keseluruhan

Para peneliti juga menunjukkan efisiensi otak untuk membersihkan produk-produk limbah dari sel-sel otak selama tidur.

Dalam sebuah artikel Wired tentang ilmu memprioritaskan tidur, Aric Prather, seorang ilmuwan tidur di UCSF, mengatakan, “tidur sangat penting bagi banyak bagian tubuh dan pikiran kita.

Ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatur metabolisme.

Ini dapat membersihkan racun yang menumpuk di otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif. Tidur seperti mesin pencuci otak. ”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *