yang membatalkan sholat

Sholat merupakan tiang agama dan kewajiban seluruh umat muslim. Sebagai seorang muslim tentu harus mengetahui hal-hal atau perbuatan yang membatalkan sholat. Sebab sholat menjadi tidak sah bukan hanya karena kurangnya rukun yang dikerjakan, melainkan bisa disebabkan karena melakukan hal-hal yang membatalkan sholat.

Hal-hal atau Perbuatan yang Membatalkan Sholat

1. Berbicara dengan sengaja

Berbicara dengan sengaja yang dimaksud ialah bukan berupa bacaan-bacaan dalam Alquran, dzikir, ataupun doa. Namun, berbicara di sini yang dimaksud ialah pembicaraan yang sering dilakukan dalam hidup sehari-hari.

Perkataan yang keluar saat sholat, baik itu satu kata ataupun hanya satu huruf yang dilakukan dengan sengaja, maka akan membatalkan sholat. Berbeda apabila seseorang melakukannya secara tidak sengaja atau belum mengetahui hukumnya, maka diberikan keringanan.

2. Berhadas

Orang yang berhadats ketika melaksanakan sholat, seperti kentut maka sholatnya batal. Sebaiknya segera meninggalkan sholat dan bersuci kembali.

3. Makan dan Minum

Makan dan minum termasuk kategori perbuatan yang membatalkan sholat. Apabila seseorang makan atau minum dengan sengaja ketika melakukan sholat, maka sholatnya batal. Hal tersebut dikarenakan akan menghilangkan kemuliaan dalam sholat.

4. Melakukan aktivitas/gerakan yang disengaja

Gerakan atau aktivitas yang dimaksud di sini ialah bukan gerakan dalam sholat, melainkan gerakan-gerakan lain yang dilakukan dengan sengaja.

5. Terkena najis

Seseorang yang sedang melaksanakan sholat dan terkena sesuatu najis baik pada badan, pakaian, ataupun tempat sholat maka secara langusng sholatnya batal. Yang menjadi dasar atau patokan ialah apabila najis itu tersentuh tubuhnya atau pakaiannya dan tidak segera ditepis maka sholatnya batal.

6. Terbukanya aurat dengan sengaja

Seseorang yang sedang melakukan sholat dan tiba-tiba terbuka auratnya, maka sholatnya otomatis batal. Baik dilakukan dalam waktu yang singkat atau terbuka dalam waktu lama secara sengaja.

7. Membelakangi kiblat

Apabila seseorang melaksanakan sholat dengan membelakangi kiblat dengan sengaja atau di dalam sholatnya melakukan gerakan yang membuat badannya bergeser arah hingga membelakangi kiblat, maka sholatnya batal.

8. Tertawa

sholat tertawa
dream.co.id

Orang yang tertawa ketika sholat maka sholatnya batal. Ketawa dalam hal ini ialah tertawa yang sampai mengeluarkan suara atau bahkan sampai terbahak-bahak sehingga mengakibatkan sholatnya batal.

9. Murtad, mati, gila, atau hilang akal

Orang yang sedang melakukan sholat lalu tiba-tiba murtad, mengalami kematian, atau hilang akal maka sholatnya juga batal.

10. Berubah niat

Seseorang yang sedang sholat lalu terbesit niat untuk tidak sholat di dalam hatinya, maka saat itu juga sholatnya batal. Sebab, niatnya telah rusak, meski dia belum melakukan hal-hal yang membatalkan sholatnya.

11. Meninggalkan salah satu rukun sholat dengan sengaja

Sholat juga batal apabila ada salah satu rukun sholat yang tidak dikerjakan dengan sengaja. Namun, jika lupa dan ingat selama masih dalam keadaan sholat, maka dia harus melakukan sujud syahwi sebelum salam, jika lupa untuk sujud syahwi, maka bisa dilakukan setelah salam.

12. Mendahului imam dalam sholat jamaah

Apabila seseoang ketika sholat jamaah melakukan gerakan mendahului imam dengan sengaja, seperti bangun dari sujud lebih dulu dari imam, maka sholatnya batal. Namun, apabila dilakukan tidak sengaja misalnya karena suara imam yang tidak terdengar, maka sholatnya tidak batal.

Beberapa perbuatan yang membatalkan sholat tersebut wajib diketahui oleh seorang muslim terutama yang sudah baligh. Hal itu tentunya agar sholat kita bisa sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *